Tahukah Anda, Tanah Juga Punya Bunga?



Kita semestinya bersyukur, hidup dan dilahirkan di tanah yang kaya penuh dengan kenikmatan di tengah-tengah iklim tropis.

Indonesia dikaruniai tanah yang sangat subur dengan hasil pertanian dan perkebunan yang sangat luar biasa beragam jenisnya. Banyak humus yang terdapat diatasnya atau tahukah Anda yang mana humus adalah bunga tanah itu sendiri? Ya...humus atau bunga tanah terbentuk dari pelapukan tumbuh-tumbuhan yang terdiri dari daun-daun, ranting-ranting dan cabang-cabang sisa tanaman dan merupakan suatu campuran komplek terdiri atas bahan-bahan yang berwarna gelap yang telah mengalami proses pelapukan oleh berbagai macam mikroorganisme yang ada di tanah. Mikroorganisme tadi terdiri dari berbagai macam bakteri, dimana untuk hidupnya mereka akan “makan” atau menguraikan bahan organik dan membutuhkan air juga udara secukupnya.

Proses pelapukan sendiri sangat bergantung keadaan mikroorganisme itu sendiri, dimana umumnya sekarang di lahan pertanian lapisan humus sudah sangat tipis. Karena perlakuan olah tanah yang dilakukan petani akan turut juga merubah jumlah dan kemampuan mikroorganisme dalam proses pelapukan sisa tumbuhan untuk dijadikan humus.

Pupuk organik plus Bio Optifarm mengandung mikroorganisme tangguh yang juga berperan sebagai pembenah tanah, sehingga proses pelapukan zat organik untuk dijadikan humus akan berangsur-angsur kembali normal.

Begitu pentingnya humus atau bunga tanah karena akan meningkatkan kapasitas kemampuan tanah menampung air dalam jumlah besar, membantu menahan pupuk anorganik yang terlarut air, mencegah terjadinya penggerusan tanah, menaikkan aerasi tanah, dan juga dapat meningkatkan kemampuan fotokimia dekomposisi pestisida atau senyawa-senyawa organik toksik. Dengan demikian penambahan pupuk organik plus Bio Optifarm akan menjaga kualitas tanah pertanian dan perkebunan.

Tanah yang kaya akan humus memiliki kontribusi besar terhadap ketahanan dan kesuburan tanah, yang mana akan sejalan dengan keberhasilan budidaya pertanian maupun perkebunan. Selain itu pupuk organik plus Bio Optifarm juga diperkaya dengan Asam Humat dan Asam Fulvat, sehingga akan sangat membantu proses perbaikan tanah dan meningkatkan hasil panen....(epm)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Anda, Tanah Juga Punya Bunga?"

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, saling berbagi tak pernah rugi.