Pengaruh dan Manfaat Bio Maxter, Selain Untuk Produktivitas Ternak

Seiring pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia yang sangat pesat, tentunya berakibat juga pada peningkatan kebutuhan pangan. Kondisi ini menuntut industri pertanian berproduksi secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat skala lokal maupun nasional, hal tersebut juga dirasakan oleh industri subsektor peternakan khususnya industri unggas dan ruminansia.

Kita ketahui bersama budidaya ternak khususnya yang dibudidayakan dalam skala industri, seringkali untuk menunjang tingkat keberhasilan produksi harus ditambahkan penggunaan bahan-bahan aditif (feed aditive). Pemberian feed aditive tersebut dilakukan untuk memperbaiki performa atau penampilan produksi dari ternak antara lain adalah dengan obat-obatan, antibiotika dan hormon-hormon pertumbuhan. Yang pada akhirnya diketahui beberapa dampak yang tidak baik bagi kesehatan ternak yang juga akan berdampak langsung pada manusia.

Namun kini ada solusi penunjang kebutuhan tersebut sebagai syarat peningkatan keamanan pangan khususnya produk-produk peternakan dengan penggunaan aplikasi Probiotik, dimana probiotik oleh FAO dan WHO diartikan sebagai mikroba hidup yang bilamana dikonsumsi dengan jumlah memadai dapat meningkatkan kesehatan bahkan memperbaiki performa hewan yang mengkonsumsinya, tak terkecuali juga pada manusia.

Kami sebagai anak bangsa terpanggil untuk turut serta memberikan sumbangsih yang in shaa Alloh juga bermanfaat bagi dunia peternakan dan memberikan nilai tambah yang lebih baik. Bio Maxter adalah nutrisi organik yang mengandung probiotik dari golongan asam laktat juga selulitik dan macam-macam nutrisi serta mineral penting bagi hewan ternak, baik untuk unggas maupun ruminansia. Penambahan asupan probiotik ini tidak jauh beda dengan antibiotik, yaitu mengatur komposisi mikroflora dalam saluran pencernaan. Hanya saja penerapannya jauh lebih aman dan terkontrol, karena probiotik dalam Bio Maxter akan bersimbiosis di dalam usus ternak dan memiliki kontrol terhadap pertumbuhan mikroba patogen (penyebab penyakit-red). Probiotik pada Bio Maxter juga dapat mengurangi produksi racun dan menurunkan produksi amonium dalam saluran pencernaan, meningkatkan kecernaan dan penyerapan zat-zat nutrient dalam hal ini terjadi efisiensi pada pemberian pakan. Pada ternak ruminansia mampu meningkatkan kecernaan bahan kering pakan, khususnya fraksi serat kasar yang akhirnya akan membuat laju pakan ke usus halus menjadi cepat.

Selain itu manfaat lain yang tak kalah penting probiotik pada Bio Maxter dapat meningkatkan antibodi alami memperbaiki status kesehatan ternak, berpengaruh positif terhadap fertilitas. Pada ternak unggas akan menghasilkan telur dan doc yang baik, juga pada ternak ruminansia akan menghasilkan turunan yang unggul. Pemanfaatan probiotik juga dapat merangsang absorpsi beberapa mineral untuk pembentukan tulang dengan meningkatkan ketersediaan dari Ca, Mg, Zn dan Fe. Keuntungan lainnya yaitu mempunyai dampak pelestarian lingkungan, karena kotoran ternak memiliki kandungan amoniak yang rendah, sehingga potensi polusi yang mengganggu kesehatan dapat ditekan dan kotoran menjadi lebih siap untuk di proses menjadi pupuk organik.

Pengaruh probiotik pada Bio Maxter juga membantu mempercepat perbaikan sel yang rusak, meredakan peradangan yang diakibatkan infeksi pada kulit karena akibat kerusakan sekunder hewan parasit atau gangguan serangga lainnya. Juga di rekomendasikan untuk mengatasi kondisi stres, transportasi, perubahan diet pakan, lepas sapih, kehamilan, dan laktasi juga karena menghadapi cuaca yang sering berubah-ubah.

Pada akhirnya pemanfaatan probiotik semakin memiliki peranan yang penting pada budidaya ternak unggas dan ruminansia, tidak hanya peningkatan produktifitas tetapi juga pada pertumbuhan organ-organ tubuh yang secara langsung maupun tidak langsung mendongkrak kemampuan sistem kekebalan alami lebih optimal lagi. Tak kalah pentingnya dari sisi industri menjadi lebih irit, ekonomis dalam biaya produksi, dan mendorong ternak memfungsikan seluruh organ tubuhnya secara efisien dan efektif.

Salam organik, menuju kemandirian pangan...(epm)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh dan Manfaat Bio Maxter, Selain Untuk Produktivitas Ternak"

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, saling berbagi tak pernah rugi.