Ubi Madu Cilembu Umur 5 Bulan Yang Dipupuk Bio Optifarm, Kok Jadi Begini?

Panen ubi madu Cilembu ini berada di lokasi Tawangmangu, Karanganyar
Senyum Petani dari lahan 700 meter persegi, panen 1,8 ton ubi madu Cilembu
Ubi Madu Cilembu yang konon katanya hanya tumbuh baik di daerah asalnya Pamulihan - Sumedang, nyatanya juga mampu tumbuh maksimum di luar daerah asalnya tepatnya di Tawangmangu - Karanganyar, Jateng.


Ubi madu Cilembu panen umur 5 bulan lahan sudah dua kali tanam berturut-turut, harga anjlok anti galau karena hemat pupuk
Ubi madu yang ditanam di daerah ini juga menjadi pemasok bagi para pedagang lokal yang menjual ubi madu oven/bakar sudah siap santap, dan bahkan hasil olahannya juga beberapa dikirim ke Jepang. Yah..tidak mungkin juga di daerah ini jika harus mendatangkan pasokan ubi madu mentah dari daerah asalnya sana, selain tidak bisa kontinyu karena keterbatasan pasokan juga dipastikan harganya akan sangat mahal dikarenakan biaya kirim ke Tawangmangu juga lumayan.

Jika biasanya lahan yang ditanami ubi madu ini jika ditanami dua kali berturut-turut hasil panennya akan merosot, namun tidak dengan lahan ini yang salah satu pemupukannya menggunakan POC plus Hayati Majemuk Bio Optifarm. Biasanya ubi madu yang dipanen umur 5-6 bulan berukuran standart, maka ubi madu Cilembu yang disemprot dengan Bio Optifarm bisa berukuran rata-rata 1 kg per buahnya.
Tanah makin gembur dan subur, ukuran umbi rata-rata juga besar dengan Bio Optifarm
Dari lahan luas kurang lebih 700 meter persegi, panen kemarin 1 November 2016 keluar 1,8 ton. Dan kebutuhan pupuknya juga sangat irit, hanya menggunakan Phonska dan TSP 30 kg untuk dua kali pemupukan di umur 30 dan 70 hst dan pupuk komposnya hanya memanfaatkan sisa dari periode tanam sebelumnya. Walaupun sayang harga panen kemarin hanya dihargai Rp 1.500/kg-nya, padahal kalau sudah matang disini penjual rata-rata menghargai Rp 15.000/kg-nya dan bahkan yang diluar pulau Jawa pernah saya lihat dipostingan Facebook ada yang jual ubi madu oven Rp 35.000/kg-nya. Sungguh-sungguh selisih harga yang tidak berimbang, namun disini karena biaya pemupukan berkurang banyak jadi anti galau saat harga panen ambruk..hehehe... Bahkan pedagang yang memanen ubi madu ini sedikit mengeluh, karena ubi madu umur 5 bulan kok ukurannya besar-besar begini. Bagaimana kalau dipanen agak mundur, apa nggak nambah besar lagi ukurannya???
Lahan samping tanam duluan belum dipanen, lahan yang disemprot Bio Optifarm sudah dipanen dan tanah tambah gembur ubi madu cilembu besar ukurannya
Terbukti dengan menggunakan Bio Optifarm, tidak hanya memaksimalkan hasil panennya. Tetapi juga mengoptimalkan dan menghemat pemupukan juga perawatannya, tanah menjadi makin gembur dan subur. Bahkan tanaman ubi madu dilahan sebelah yang umurnya lebih tua 1 bulan, belum bisa dipanen karena belum cukup bobotnya. Semoga bermanfaat info tani ini, dan terimakasih...(epm).
Siap angkut panen ubi madu di Tawangmangu, Karanganyar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ubi Madu Cilembu Umur 5 Bulan Yang Dipupuk Bio Optifarm, Kok Jadi Begini?"

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, saling berbagi tak pernah rugi.