Trichoderma Sahabat Untuk Kesuburan Tanah Dan Tanaman

Penting harus diketahui, mayoritas kondisi tanah kita dalam kondisi yang kurang baik akibat dari penggunaan pupuk kimia dan pestisida (racun) yang berlebihan selama puluhan tahun lamanya. Akibat secara langsung, miliaran mikroorganisme bermanfaat mati dan berganti di dominasi mikroorganisme pathogen yang merugikan. Lalu...langkah bijak apa yang bisa diambil untuk mengembalikan keseimbangan dan kelestarian di tanah (alam) kita?

Dewasa ini kita semakin familiar dan paham, ada salah satu mikroorganisme fungsional yang sudah dikenal luas sebagai pupuk biologis tanah dan biofungisida yaitu jamur Trichoderma sp. Mikroorganisme ini merupakan jamur penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman lapangan, lazim bersimbiosis mutualisme dengan akar tanaman membentuk akar-akar cabang yang lebih banyak. Perakaran yang banyak tersebut sangat membantu penyerapan unsur hara menjadi lebih baik, sehingga tanaman juga akan tumbuh lebih baik dan optimal.

Trichoderma sp juga dikenal sebagai organisme pengurai, serta berfungsi sebagai agen hayati dan stimulator pertumbuhan pada tanaman. Selain itu Trichoderma sp mampu menghambat pertumbuhan serta penyebaran racun jamur penyebab penyakit bagi tanaman, seperti cendawan Rigdiforus lignosus, Fusarium oxysporum, Rizoctonia solani, Fusarium monilifome, Sclerotium rolfsii dan cendawan Sclerotium rilfisil. Aplikasi pupuk biologis dan agen hayati Trichoderma sp ini sangat efektif mencegah penyakit busuk pangkal batang, busuk akar yang menyebabkan tanaman layu, dan penyakit jamur akar putih pada tanaman karet serta akar gada pada tanaman kubis dan masih banyak jenis lainnya.

Menjadi harapan semua dengan penggunaan agen hayati Trichoderma sp ini, dapat melepaskan ketergantungan kita pada pupuk dan fungisida kimia di masa yang akan datang. Mewarisi kebaikan untuk generasi penerus dan pentingnya untuk menjaga kelestarian serta keseimbangan tanah (alam) kita. Menjadi lebih praktis dan mudah lagi karena sediaan organisme Trichoderma sp ini juga sudah lengkap terdapat didalam kandungan Bio Optifarm, ditambah konsorsium mikroba lainnya yang majemuk, seimbang dan saling melengkapi. Akan mengganti dan mengambil peran mikroorganisme di alam yang sudah banyak mati, sehingga regenerasi dan perbaikan ekosistem dapat kembali berjalan sebagaimana mestinya.

Berikut salah satu testimoni dari petani yang sudah rutin menggunakan Bio Optifarm dilahan pertaniannya, tanah semakin subur dan gembur, penggunaan pupuk dan pestisida kimia semakin berkurang, tanamannya juga makin meningkat panen juga kualitasnya.


- Tani Bijak Dengan Bio Optifarm -

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trichoderma Sahabat Untuk Kesuburan Tanah Dan Tanaman"

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, saling berbagi tak pernah rugi.