Apa Itu ZPT, Penting dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Seperti yang kita ketahui bersama, sering kali kita mendengar atau membaca suatu kandungan pada pupuk yang dilengkapi ZPT atau biasa disebut dengan Zat Pengatur Tumbuh. Namun sebenarnya apa yang disebut dengan ZPT itu?

Yap...ZPT atau juga bisa disebut dengan hormon tanaman itu adalah senyawa organik namun bukan termasuk hara yang sebetulnya sudah terdapat di dalam tanaman itu sendiri dalam jumlah sedikit, yang dapat berfungsi mendukung, menghambat dan dapat merubah proses fisiologi tumbuhan.

Zat Pengatur Tumbuh dalam tanaman terdiri dari lima kelompok, yaitu Auxin yang berfungsi mendukung terjadinya perpanjangan sel (cell elongation); Giberelin senyawa yang mengandung Gibban skeleton yang berfungsi menstimulasi pembelahan sel (cell division) perpanjangan sel atau keduanya; Sitokinin senyawa yang mempunyai bentuk dasar adenine yang mendukung terjadinya pembelahan sel; Ethylene generators senyawa yang terdiri dari 2 atom karbon dan 4 atom hidrogen yang dalam keadaan normal ZPT ini akan berbentuk gas mempunyai peranan dalam proses pematangan buah dalam fase climacteric; Inhibitor yang berperan dalam penghambatan proses biokimia dan proses fisiologis bagi aktivitas keempat Zat Pengatur Tumbuh diatas, yang pertama ditemukan adalah Kinetin dan Zeatin yang berfungsi untuk mendorong terjadinya pembelahan sel.

Pentingnya fungsi dan manfaat Zat Pengatur Tumbuh, saat ini sudah banyak dibuat tiruan atau sintetiknya. Pupuk Organik Plus Hayati Majemu Bio Optifarm dengan memadukan teknologi terkini menggunakan mikroba dari biakan murni yang tangguh, berhasil memfermentasi bahan-bahan organik pilihan menjadi Magic Formula sempurna. Sehingga menghasilkan Pupuk Cair Organik dengan kandungan High ZPT.

Kandungan High ZPT didalam Pupuk Organik Plus Hayati Majemuk Bio Optifarm dapat digunakan untuk segala macam tanaman, selain itu berfungsi sebagai:
  • Memacu pertumbuhan akar sehingga daya serap unsur hara menjadi optimal.
  • Memperkokoh dan memperbesar batang tumbuhan.
  • Mempercepat tumbuhnya tunas, cabang, buah dan menghijaukan daun.
  • Pada tanaman padi memperbanyak jumlah anakan produktif, memperpanjang dan membuat keluarnya malai secara serempak, serta menambah bobot pada bulir.
  • Menjadikan tanaman lebih mudah untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah.
  • Dan kandungan High ZPT pada Pupuk Organik Plus Hayati Majemu Bio Optifarm tidak memiliki efek samping negatif terhadap tanaman, karena hanya terbuat dari bahan-bahan alami pilihan yang di proses secara sempurna NON KIMIA.
(epm)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Apa Itu ZPT, Penting dan Manfaatnya Bagi Tanaman"

  1. semoga pertanian Indonesia tambah maju dan para petani bertambah makmur.

    BalasHapus

Terimakasih kunjungannya, saling berbagi tak pernah rugi.