Manfaat dan Fungsi Probiotik untuk Penggemukan Ternak Secara Alami

Gambar Ternak
Pertambahan laju jumlah penduduk Indonesia khususnya saat ini berkembang sangat pesat, sehingga peningkatan akan kebutuhan pangan tidak bisa dihindarkan. Hal ini juga akan menuntut industri peternakan untuk berproduksi secara maksimal, memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan pangan yang tidak hanya bisa terjangkau harganya tetapi juga secara mutu berkualitas.

Ini juga turut dirasakan pada industri subsektor peternakan, baik pada peternakan sapi, peternakan ayam, dan lain sebagainya untuk memenuhi kecukupan akan kebutuhan protein hewani masyarakat. Dengan adanya pembangunan pada bidang peternakan, selain untuk mencapai tujuan diatas dan mencapai kemandirian pangan. Juga sebagai pencapaian untuk meningkatkan mutu hasil produksi, peningkatan pendapatan, memperluas lapangan pekerjaan, dan akan memberikan kesempatan berusaha serta menggiatkan perekonomian khususnya pada masyarakat pedesaan.

Pada saat ini pembangunan industri peternakan mengalami pergeseran kearah yang lebih terintegrasi dan komprehensif, dengan mencakup usaha dari hulu (penyedia sapronak seperti bibit, pakan dan alat-alat), sistem budidaya, subsistem hilir meliputi pengolahan juga pemasaran, dan agribisnis penunjang seperti lembaga jasa juga kebijakan. Yang mana pakan merupakan faktor terpenting pada budidaya peternakan, terutama untuk menunjang pada peningkatan bobot dan performa ternak seperti yang diinginkan. Peningkatan hasil ternak ini sangat tergantung pada penyediaan pakan yang baik dan berkualitas, tak jarang juga peternak akan menambahkan “Feed Additive” dalam pakan untuk menunjang industri penggemukan ternaknya.

Disini kami akan membahas bahan tambahan pakan (feed additive) yang digunakan berbasis pada probiotik, selain lebih aman dan terkontrol, penggunaanya juga lebih masuk akal dari pada memberikan feed additive terutama dari golongan antibiotika.

Probiotik dalam nutrisi ternak Bio Maxter adalah koloni mikroba dari hasil riset dan modifikasi isolasi strain tangguh yang diproses secara steril, dengan teknologi fermentasi terkini (bukan berasal dari bahan limbah, seperti dari lambung sapi-ayam atau dari bahan organik lain yang dibusukkan).

Didalam koloni nutrisi ternak Bio Maxter terdapat mikroba khusus dengan fungsi yang berbeda. Probiotik dari nutrisi ternak Bio Maxter merupakan kombinasi probiotik an-aerob dan aerob dalam jumlah yang seimbang, sehingga tidak akan saling menyerang dan juga sebagai penghasil enzim yang berfungsi untuk memecah karbohidrat, selulosa, hemiselulosa, lignin (Coprinus); memecah dan mencerna protein (Azozpirillum trasiliensis); serta memecah lemak (Cellulomonas Clostridium thermocellulosa).

Manfaat lain dari nutrisi ternak Bio Maxter yang ditambahkan pada ransum ternak selain meningkatkan kemampuan daya cerna, meningkatkan penyerapan zat nutrisi serta meningkatkan efisiensi dalam penggunaan ransum. Selain itu dengan meningkatnya kemampuan mencerna dan memecah protein secara maksimal, otomatis nutrisi ternak Bio Maxter juga dapat menghilangkan bau kotoran ternak hingga tidak mengganggu lingkungan sekitar. Karena protein (tidak terserap) yang keluar bersamaan dengan kotoran dalam jumlah besar, menyebabkan bau busuk dan akhirnya efisiensi pakan tidak tercapai dengan maksimal.

Mengapa dengan menambahkan nutrisi ternak Bio Maxter bisa meningkatkan efisiensi konsumsi pakan dan menambah bobot ternak dengan lebih cepat? Karena probiotik dalam nutrisi ternak Bio Maxter membantu proses pencernaan pakan dalam tubuh ternak bekerja lebih baik, membantu penyerapan zat nutrisi dari pakan lebih banyak. Juga membantu memecah struktur jaringan yang sulit terurai, sehingga nutrisi yang diserap akan di transformasikan ke produk ternak. Meningkatkan ketertarikan pada pakan, ternak tidak pilih-pilih pakan yang diberikan. Pada akhirnya pertumbuhan ternak lebih cepat dan produksi dapat meningkat. Hasilnya, FCR (Feed Conversion Ratio) akan menurun, biaya pakan menjadi lebih murah.
Karena kemampuan daya cerna dan penyerapan nutrisi dari pakan yang meningkat, kotoran ternak (feses) menjadi lebih kering. Kandungan amoniak pada kotoran ternak menurun hingga 60% (pada kondisi prima, amoniak bisa turun hingga 70-80%), hingga pada akhirnya daya tahan tubuh ternak juga akan meningkat serta kondisi ternak menjadi lebih segar. Kontaminasi lalat lebih sedikit, peternak dan lingkungan juga menjadi lebih nyaman.
Penggunaan probiotik dari nutrisi ternak Bio Maxter juga sangat menguntungkan, karena dengan konsentrasi yang lebih pekat dapat membantu menghasilkan berbagai enzim yang dapat menghasilkan zat antibakteri dan anti virus yang dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan. Lebih lanjut, penggunaan nutrisi ternak Bio Maxter juga dapat menekan tingkat mortalitas ternak hingga 0% jika diberikan sejak awal dan dengan manajemen budidaya yang baik. Merangsang sel-sel pertahanan tubuh alami bisa bekerja secara maksimal dan mandiri, meregenerasi lebih efisien.

Sediaan probiotik dari nutrisi ternak Bio Maxter dalam bentuk cair, lebih mudah dan fleksibel saat aplikasi. Kandungannya yang kompleks juga bisa digunakan untuk treatment lanjutan pada pengobatan ternak yang sakit, pada infeksi di area tubuh bisa ditetesi dan dioleskan termasuk pada bagian kulit atau kaki yang terluka....(epm)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Fungsi Probiotik untuk Penggemukan Ternak Secara Alami"

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, saling berbagi tak pernah rugi.